Jumat, 26 Februari 2016

Berani Mengambil Inisiatif

Dalam pergaulan keseharian kita kerap mendengar kalimat gagasan. Sesungguhnya apa sih gagasan itu?

Kita dikira kurang gagasan bila kita tidak berhasil atau salah dalam menangkap kesempatan. Dalam Briefing kesempatan ini kita- bakal keduanya sama belajar tentang 5 tingkat gagasan.

Diharapakan bebrapa rekanan dapat mengerti 3 hal.
1. Tahu Makna Gagasan
2. Faham 5 tingkat Gagasan supaya kita ketahui konsekwensi dari aksi kita
3. Tahu Pentingnya Gagasan dalam Organisasi

Intermezo

1. Makna Gagasan

Gagasan yaitu Dorongan utk Mengidentifikasi Permasalahan atau kesempatan serta dapat Ambillah Aksi Riil utk Merampungkan Permasalahan atau menangkap Peluang
Waktu kita memiliki dorongan sekecil apa pun itu untuk mengidentifikasi Permasalahan atau kesempatan jadi kita telah memiliki gagasan, meskipun dalam kandungan yang rendah.
Step selanjutanya kita bukan sekedar mengidentifikasi Permasalahan kita juga dapat mengambil aksi riil supaya permasalahan itu dapat usai. Kita juga dapat mengambil aksi riil dalam mengangkap kesempatan serta mewujudkanya jadi fakta. Waktu kita mulai mengambil aksi kandungan gagasan kita bakal jadi tambah ke level setelah itu.

Pertanyaanya seberapa besarnya kandungan Gagasan kita? Mari kita teliti video berikut ini :

2. 5 tingkat Gagasan

Ada 5 tingkat level dalam gagasan tiap-tiap manusia. Tiap-tiap manusia tentu memiliki gagasan, yang membedakan yaitu kandungannya, ada yang rendah ada yang tinggi.

Kandungan inisaitif berbanding lurus dengan kandungan kemungkinan. Karyawan yang memiliki gagasan rendah bakal memperoleh kemungkinan yang kecil atau hampir tak ada lantaran dia bekerja sesuai sama perintah. Karyawan yang memiliki gagasan tinggi bakal mempunyai kemungkinan yang tinggi juga. Namun tingginya kemungkinan bakal diikuti dengan bebrapa keberhasilan lantaran gagasan yang dia kerjakan.

Seperti Gambar di atas, level paling bawah yaitu kandungan gagasan paling rendah, nyaris beberapa besar karyawan ada di level gagasan ini. Makin keatas jumlah orang yang memiliki kandungan gagasan tinggi makin menyusut lantaran takut bakal kemungkinan yang bakal dihadapai. Seperti Pohon yang makin tinggi anginnya bakal makin kencang.

Level 1 : Menanti Diminta

pada level ini kalimat yang kerap terucap yaitu :

•Saya Tak Diminta!
•Itu Bukanlah Pekerjaan ku!

Level ini yaitu Kandungan Gagasan Paling rendah serta Paling Popular didunia kerja.
ada 2 pemicunya :

1. Sistem perusahaan (berlangsung pada perusahaan-perusahaan konvensional & birokrasi) yang mengharuskan semuanya karyawan lakukan semuanya yang sudah ditata oleh perusahaan. Tak ada peluang untuk lakukan gagasan lantaran bakal dikira mencari muka.

2. Individu dengan mental negatif. Mental ini yang susah dirubah, dia cuma lakukan apa yang diminta oleh atasan, dia tidak ingin disalahkan jika berlangsung kegagalan. “Itu bukanlah pekerjaan ku” elaknya sembari melimpahkan kekeliruan pada orang lain.

Kandungan gagasan di level ini tak mempunyai segi positif apa pun. Demikian sebaliknya memiliki banyak Segi Negatif :

1. Dikonsumsi hidup2 oleh pesaing yang lebih lincah.

2. Hilangnya pelanggan lantaran service yang didapatkan cuma prosedur tidak dari hati

Level 2 : Mencari Nada Terbanyak

Dalam level ini kita mempunyai kandungan gagasan 1 tingkat lebih tinggi. Kita telah ingin serta dapat melakukan inspirasi yang kita miliki untuk kebutuhan perusahaan. Namun dalam proses di lapangan anda menghimpun bebrapa rekanan anda serta mepengaruhi mereka supaya bergerak ke arah yang anda menuju. Satu hal yang positif yaitu anda telah dapat berkerja dalam satu team serta telah dapat melakukan gagasan yang anda usulkan. Segi negatif nya ialah sistem menghimpun serta memengaruhi anggota team membutuhkan saat yang lama, hingga tak dapat di ambil ketentuan dengan cara cepat. Kekurangan yang lain anda bakal berlindung dari kegagalan, anda bakal berargumentasi kalau apa yang anda kerjakan sudah di setujui oleh semuanya anggota Team.

•Anda Memengaruhi Semuanya anggota Team
•Utk Kerjakan Gagasan Kerja Anda
•Jika Gagasan Kerja Tidak berhasil anda selamat
•Sisi Positif : Efisien bila anda bekerja dalam Team
•Sisi Negatif : Anda berlindung dari kegagalan

Level 3. Minta Izin

Level gagasan yang ketiga yaitu level gagasan di level menengah, hal semacam ini umum dipunyai oleh manager madya atau koordinator yang perlu bertanggungjawab pada atasan yang lebih tinggi.
Sebelumnya melakukan tindakan kita mesti minta izin pada atasan atas kiat yang kita kerjakan, keunggulan nya cepat atau lambatnya ketentuan begitu bergantung oleh management puncak hingga masihlah membutuhkan saat.

Menurut Rizet 99% gagasan kita bakal di setujui bila memanglah kiat yang kita kerjakan dapat mengarahkan Sumber Daya pada maksud perusahaan.
Waktu Kita memohon izin sesungguhnya adalah bentuk penghormatan kita pada atasan, hingga atasan tak terasa kewenanganya dilangkahi oleh kita.
Di level ini kemungkinan nya juga belum sangat besar lantaran kemungkinan bakal dijamin Manajemen puncak hingga kita bakal terlepas dari kemungkinan di masa datang.

•Kadang2 gagasan mengharuskan anda minta izin
•Jangan Takut tidak diterima, Penelitian menyebutkan 99% bakal di setujui atasan
•Meminta Izin berarti menghormati mereka
•Mintalah Izin bila keluar dari rencana

Level 4. Melakukan tindakan saat ini serta mohon maaf kemudian

Di level ini mulai sedikit orang yang memiliki kandungan gagasan sebesar ini, mereka begitu takut pada konsekunsi yang bakal mereka terima atas gagasan yang mereka kerjakan. Hal yang positif orang yang memiliki gagasan level 4 dapat memutuskan yang cepat. Namun mesti berani mempertanggung jawabkan gagasan itu. Mesti yakin diri kalau apa yang anda kerjakan telah sesuai sama hati nurani. Anda meyakini kalau apa yang anda kerjakan memperikan peran positif pada perusahaan.

Kita melakukan tindakan lantaran bila tak kita putuskan jadi kesempatan bakal hilang, hal semacam ini umumnya di ambil oleh seseorang manager yang perlu memutuskan cepat waktu itu juga.

Waktu telah kita ambillah ketentuan kita lalu mohon maaf lantaran melangkahi kewenangan management puncak. Kita juga menerangkan pertimbangan kita lakukan hal itu. Pertimbanganya yaitu bila tak di ambil ketentuan cepat proyek itu bakal hilang.

•Jarang Dikerjakan, Lantaran takut konsekwensi
•Perlu Meyakini dari Hati nurani kalau anda benar
•Lakukan waktu butuh di ambil ketentuan cepat
•Percaya diri, kemauan anda baik jadi anda tdk bakal takut

Level 5. Juicet Do It

Level 5 yaitu level gagasan paling tinggi, level gagasan ini cuma dipunyai oleh sedikit orang. Didalam perusahaan dipunyai oleh manajemen puncak lantaran dia bakal mengambil keputusan tanpa ada butuh memohon izin siapa saja, Dipunyai juga oleh seseorang entrepreneur atau seseorang wiraswasta.

Mereka berani mengambil kemungkinan pada apa yang bakal berlangsung, mereka tak hidup didalam comfort zone lantaran mereka bakal senantiasa bertemu dengan kemungkinan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar